rubik

rubik
haha

Kamis, 13 Oktober 2011

Sebenarnya ragam jenis Rubik’s Cube banyak sekali, akan tetapi yang paling terkenal dan sering dimainkan orang adalah 3x3x3. Permainan ini kelihatannya seperti permainan anak-anak, akan tetapi banyak sekali orang dewasa juga ikut memainkannya karena adanya suatu faktor tantangan untuk menyelesaikan keseluruhan warna tepat pada posisinya. Hal inilah yang mengundang para orang dewasa untuk ikut serta mengasah otak dalam meramaikan permainan ini, dan lagi pula anak-anak balita tidak mungkin menuntaskan permainan ini sampai selesai apabila memang permainan ini diperuntukan untuk anak-anak. Bagus sekali orang tua ikut-ikutan dalam memecahkan permainan ini, tentunya anak kita akan menjadi senang. Dan apabila sudah mahir dalam menyelasaikan rubik 3x3x3 ini tentunya kita pasti tertantang lagi untuk bermain di rubik 4x4x4 dan 5x5x5 akan tetapi biar bagaimanapun dasar setiap geraknya ada pada 3x3x3 tersebut di atas.
Permainan ini ditemukan sejak tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria, Ernő Rubik. Jadi permainan teka-teki ini usianya sebenarnya sudah lama sekali, tapi mungkin hanya segelintir orang saja yang bisa menyelesaikannya dengan baik. Dengan berkembangnya kemajuan teknologi informasi seperti sekarang ini, tentunya lebih banyak lagi orang-orang yang dapat dengan mahir menyelesaikan teka-teki permainan rubik ini dengan berbagai macam teknik dan metode masing-masing. Akan tetapi sayangnya sangat sedikit sekali penjelasannya yang diuraikan dalam bahasa Indonesia, walaupun ada agak susah dimengerti.
Di sini akan dijelaskan langkah perlangkah yang harus dilakukan buat para pemula untuk menyelesaikan teka-teki rubik ini berdasarkan pengalaman penulis, dan untuk tulisan Edisi Pertama ini hanya menjelaskan rubik 3x3x3 saja terlebih dahulu, karena ini merupakan kunci pokok untuk jenis Rubik selanjutnya.
Dalam setiap langkah tentunya ada hal-hal atau sasaran yang harus dicapai, dan untuk itu harus benar-benar mengerti dalam proses setiap pencapaian sasaran tersebut. Dan setiap gerakkan harus dilatih agar bisa lancar dalam menyelesaikan sasaran-sasaran yang akan dituju, sehingga tidak perlu berpikir banyak ketika melihat berbagai macam komposisi warna dan letak warna yang tidak beraturan karena semuanya sudah ada diluar otak kita.
Baca entri selengkapnya »
Filed under: Permainan, Selingan, Tips & Tricks, Tutorial , , , , , , , ,

DELETE…..FROM….

DELETE…..FROM….
Picture 9Melanjutkan artikel saya sebelumnya penggunaan perintah UPDATE….FROM, yang
akan saya bicarakan sekarang adalah DELETE….FROM. Metode pemakaian sama saja,
bedanya UPDATE untuk merubah data dan DELETE untuk menghapus data. Perintah
DELETE yang akan saya bicarakan di sini sudah menggunakan DELETE tingkat lanjut
jadi bukan bukan perintah DELETE standard lagi.
Baca entri selengkapnya »
Filed under: SQL, Tips & Tricks, Tutorial , , , , , , ,

UPDATE….FROM

Picture 35UPDATE….FROM
Setelah pembahasan INSERT dengan beberapa kombinasinya pada artikel sebelumnya, dalam kesempatan ini saya mencoba untuk menjelaskan fungsi UPDATE, dengan tujuan agar rekan-rekan penggemar SQL yang kebetulan mampir di blog saya ini mungkin dapat memanfaatkannya.
Perintah UPDATE yang akan saya terangkan di sini bukan lagi perintah UPDATE standard, tapi sudah dalam tahap lanjutan. Karena akan saya kombinasikan dengan beberapa perintah lain dengan tujuan pengelolaan data lebih cepat dan efisien berdasarkan pengalaman-pengalaman yang sudah saya dapatkan dan mudah-mudahan dapat di kembangkan lebih lanjut.
Baca entri selengkapnya »
Filed under: SQL, Tips & Tricks , ,

INSERT…… Perintah Lanjutan SQL

INSERT…… Perintah Lanjutan SQL
Picture 4Dalam pembahasan yang lalu saya pernah menyinggung perintah INSERT, tapi masih dalam perintah standard. Dalam pengolahan data dengan jumlah data record yang sangat luar biasa besarnya tentu perintah standard sudah tidak efektif lagi, kita tentunya tidak mungkin lagi melakukan perintah ini satu persatu untuk mengisi data record.
1. INSERT INTO tablename(field1, field2, field2,…) VALUES( val1, val2, val3, …..)
Perintah diatas merupakan perintah standard, misalkan kita mempunyai tabel_A
Kode Nama Alamat
     
     
Baca entri selengkapnya »
Filed under: SQL, Tips & Tricks , ,

Membuat Video Clip Dengan Windows Movie Maker

Membuat Video Clip Dengan Windows Movie Maker
WMM0Suatu hari saat didepan komputer saya mendengarkan sebuah lagu yang asal-asalan saya pilih dengan menggunakan player WinAmp, dan kebetulan lagu yang saya dengankan dibawakan oleh Andra The Backbone dengan judulnya saya pun tidak begitu kenal yang belakangan baru saya ketahui lagu ini berjudul “Hitamku”. Sambil asyik menikmati mendengarkan lagu tersebut saya membuka foto-foto anak saya yang pertama dari baru lahir sampai sekarang umur 5 tahun yang masih tersimpan dengan baik didalam komputer. Sambil mendengarkan lagu dan membuka foto-foto membawa ingatan saya ke masa 5 tahun yang lalu dimana anak saya baru lahir dan mengikuti perkembangannya dengan membuat fotonya setiap bulan pada setiap kejadian dan peristiwa. Berawal dengan inilah kemudian terlintas dalam pikiran saya untuk menyatukan foto-foto tersebut dengan Backgroundnya sebuah lagu yang kebetulan lagi saya dengarkan ini. Pertama-tama saya coba melihat-lihat apakah WinAmp menyediakan fasilitas apa yang saya inginkan, setelah membuka-buka ternyata tidak ada. Terus saya coba lagi dengan Windows Media Player, ternyata juga tidak tersedia. Saya coba kembali melihat-lihat fasilitas Windows, akhirnya ketemu. namanya Windows Movie Maker.
Baca entri selengkapnya »
Filed under: Tips & Tricks , , , ,

Menghitung Uang Lembur Karyawan

HitLemburLogoMenghitung Uang Lembur Karyawan
Program ini saya bikin dari Excel versi 2007, dan asal usul ide pembuatan program ini berdasarkan dari suatu pertanyaan dari salah seorang rekan pengunjung yang mengirimkan suatu file Excel kepada saya untuk memecahkan kasusnya. Dan saya juga sangat berterima kasih untuk itu, karena sering pertanyaan-pertanyaan yang datang kepada saya mendatangkan suatu ide-ide baru dan trik-trik baru untuk memecahkan berbagai kasus yang mungkin tidak dapat ditemukan di buku mana pun, yang mana saya sendiri pun sering tidak menduga trik-trik yang muncul begitu saja saat saya mendapatkan suatu kasus yang menarik. Jadi sangat sayang kalau saya lupakan begitu saja tanpa ada orang yang bisa memanfaatkannya dengan baik. Dan seperti biasanya kalau ada suatu kasus yang menarik akan saya buatkan suatu artikel agar dapat di pelajari bersama-sama, mudah-mudah dengan begitu ilmu akan selalu terus sambung menyambung dan berkembang kearah yang lebih baik lagi.
Baca entri selengkapnya »
Filed under: Excel, Tips & Tricks

Program Terpadu Angsuran Kredit

Program Terpadu Angsuran Kredit
Melanjutkan artikel-artikel yang sudah saya tulis sebelum mengenai Perhitungan Bunga Flat, Bunga Effektif, Anuitas, dan cara konversi dari suku bunga Effektif ke Flat atau sebaliknya dari konversi suku bunga Flat ke Effektif. Dimana pada artikel-artikel tersebut saya membuat file excel secara terpisah. Hingga pada suatu hari saya baru kepikiran kenapa semuanya tidak dijadikan satu saja dalam satu file excel, dan dijadikan suatu program terpadu sehingga memudahkan dalam analisa.
Dari hasil buah pikiran tersebut saya coba untuk merealisasikannya, ternyata
hasilnya lumayan dan mungkin bisa dimanfaatkan rekan-rekan yang kebetulan mampir di blog ini.  Kalau saya terus terang masih kurang bisa memanfaatkan sepenuhnya dari program yang sudah saya buat sendiri, karena saya bukan orang ekonomi dan juga bukan orang bekerja dibidang finance atau keuangan, dan juga saya bukan seorang banker atau orang-orang yang bekerja di Bank. Saya hanya orang biasa tapi terkadang selalu ingin mewujudkan pikiran-pikiran liar yang ada di otak saya tapi saya sendiri tidak tahu untuk apa. Jadi setelah terwujud hasilnya habis itu lupa. Untuk itu alangkah baiknya saya simpan diblog aja, dan mudah-mudahan program yang sudah saya bikin ini dapat menemukan orang yang tepat untuk bisa
memanfaatkannya hitung-hitung untuk menambah pahala.
Baca entri selengkapnya »
Filed under: Excel , , , , , ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar